Thursday 23 November 2017

Representasi Pengetahuan

1. Unifikasi dan Runut Balik

1.1 Unifikasi
Unifikasi adalah proses yang dilakukan oleh prolog untuk mencari padanan antara pernyataan yang terdapat pada aturan dengan fakta atau kepala aturan yang lain.

Syarat terjadinya unifikasi adalah:
§ Mempunyai relasi yang sama
§ Mempunyai jumlah argumen yang sama dan posisi argumen yang sama pula
§ Argumen yang berpadanan harus mempunyai jenis data yang sama
§ Semua pasangan argumen (pada data majemuk) harus juga berpadanan

1.2 Proses Pencarian Jawaban

GOAL : kakek(Kakek,budi).

Kakek(Kakek,budi) – kakek(Kakek,Cucu)

ayah(Ayah,Cucu) – ayah(Ayah,budi)

ayah(Ayah,budi) – ayah(amin,budi)

ayah(Kakek,Ayah) – ayah(Kakek,amin)

ayah(Kakek,amin) – ayah(slamet,amin)

kakek(Kakek,budi) – kakek(slamet,budi)

Kakek = slamet

1.3 Predikat Not

Predikat Not digunakan untuk menyatakan lawan logika dari suatu pernyataan. Predikat ini tidak dapat berdiri sendiri juga tidak dapat dipasangkan pada fakta atau kepala suatu aturan, tetapi hanya dapat dipasangkan pada bagian suatu aturan

Contoh : menyatakan saudara sepupu
Saudara_sepupu(Sdr1,Sdr2) :- kakek(Kakek,Sdr1), kakek(Kakek,Sdr2), not(saudara_kandung(Sdr1,Sdr2)), Sdr1 <> Sdr2.

2. Predikat keluaran & Masukan

·        Write
Write digunakan untuk menuliskan konstanta atau isi variabel ke piranti keluaran yang dikenali pada saat itu.
write(E1,E2,E3,…,En) – (i,i,i,…,i). E1,E2,E3,…En adalah konstanta (karakter atau string) atau variable
Contoh :
Tes :- Write(“Saya sedang belajar Turbo Prolog.”), write(“Teman saya belajar Basic”)
Output :
Saya sedang belajar Turbo Prolog.Teman saya belajar Basic

·        Writef
Writef mempunyai fungsi yang hampir sama dengan predikat write, hanya hasilnya mempunyai format seperti yang diinginkan.
writef(format,E1,E2,…,En) – (i,i,…,i)

Macam-macam format :
f : format bilangan real dalam notasi desimal
e : format bilangan real dalam notasi eksponensial
d : format karakter atau bilangan bulat dalam desimal
c : format karakter atau bilangan bulat sebagai karakter

·        Writedevice
Writedevice digunakan untuk mengubah atau mendapatkan informasi tentang piranti keluaran yang dikenali oleh program pada saat itu.
writedevice(VarPiranti) – (i), (o)
Macam-macam piranti keluaran :
• Screen
• Printer
• Com1
• Tdout
• Stderr

·        Readln
Digunakan untuk membaca sederetan karakter dari piranti masukan sampai ditemukan tanda carriage return (ASCII 13). Karakter yang dibaca akan ditampilkan di layar monitor.

·        Readchar
Digunakan untuk membaca karakter tunggal dari piranti masukan (tanpa perlu enter). Berbeda dengan readln, untuk readchar karakter yang dibaca tidak ditampilkan di layar monitor.

·        Readint
Readint digunakan untuk membaca bilangan bulat sampai tombol Enter. Akan gagal apabila bilangan bulat yang dibaca tidak sesuai dengan yang sudah didefinisikan.
·        Readreal
Digunakan untuk membaca bilangan real sampai tombol Enter.

·        Readdevice
Digunakan untuk mengubah atau meminta informasi tentang piranti masukan yang saat itu dikenal

3. Perbandingan Operator

3.2 Perbandingan
Operator perbandingan berfungsi untuk membandingkan nilai suatu variable terkat atau suatu objek. Variable atau objek yang dibandingkan disebut operand. Kedua operand yang dibandingkan haruslah sudah terikat dengan nilai tertentu (baik variable maupun objek), kecuali operator sama dengan.

3.3 Operasi Aritmatika
Pernyataan aritmatika terdiri dari operand (bilangan atau variable), operator dan tanda kurung (bila diperlukan).

Ada 6 buah operator aritmatika, yaitu:
+        : Operator Penjumlahan
-        : Operator Pengurangan
*        : Operator Perkalian
/         : Operator Pembagian
Div    : Operator hasil bagi bulat
Mod   : Operator sisa hasil bagi

3.4 Fungsi Matematik
Disamping mempunyai kemampuan dalam perhitungan aritmatika, Prolog juga dilengkapi dengan predikat jadi yang merupakan fungsi matematika (fungsi aljabar, trigonometri, logaritma).
Fungsi-fungsi tersebut dapat dilihat pada table berikut ini :

Referensi : http://ayu_ws.staff.gunadarma.ac.id ( Pasangan Pola )

Kode Smiley Untuk Komentar


:a   :b   :c   :d   :e   :f   :g   :h   :i   :j   :k   :l   :m   :n   :o   :p   :q   :r   :s   :t  

0 komentar:

Post a Comment

 

Subscribe to our Newsletter